Senin, 22 Desember 2014

cara mendidik anak berpuasa



Cara mendidik anak berpuasa
Memang ada banyak cara mengajarkan anak berpuasa, tapi disini saya akan memberikan beberapa tips mengajarkan anak berpuasa. Yaitu :
-          Cobalah untuk menjelaskan makna dan hikmah puasa dan bulan ramadhan. Berikan anak pengetahuan tentang apa dan bagaimana itu berpuasa dan juga ibadah-ibadah lainnya di bulan ramadhan dengan menggunakan bahasa anak tentunya dan dengan menyenangkan.
-          Jelaskan pada anak tentang manfaat puasa bukan hanya dari segi agama tapi juga menurut kesehatan dengan bahasa yang mudah mereka fahami agar semakin tertarik.
-          Ajarkan anak tentang niat berpuasa.
-          Kenalkan anak akan hal-hal rutin dibulan ramadhan.
-          Lakukan puasa bertahap bagi anak.
-          Dorong dan beri motivasi anak berpuasa sesuai dengan usia mereka. Anda bisa menjanjikan hadiah bagi anak-anak jika berpuasa, bisa berupa tambahan uang saku ataupun jalan-jalan agar anak antusias dan semangat berpuasa.
-          Buatlah menu makanan sahur sesuai dengan favorit anak anda, agar anak mau makan sahur. Namun tetap tidak melupakan gizi.
-          Jangan memarahi anak jika belum bisa berpuasa.
-          Bagi anak yang masih berusia 5-6 tahun ajarkan anak untuk berpuasa hanya setengah hari saja, karena usia seperti itu belum bisa menahan lapar.
-          Ajaklah anak anda untuk sahur bersama dengan anggota keluarga yang lain. Dengan demikian anak bisa membiasakan diri untu beradaptasi dan memahami waktu sahur dan untuk mempersiapkan energinya agar anak kuat untuk berpuasa di siang hari.
Referensi:
http://www.tipsanakbayi.com/2013/06/17-cara-mengajarkan-anak-puasa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar