Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
( RPP )
Nama Sekolah : SDN Lebak Kepuh 1
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester :
III
/ I
Alokasi Waktu : (1
x 30
Menit)
I.
Standar
Kompetensi :
1. Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai tiga angka
II.
Kompetensi
Dasar :
1.1 Melakukan
perkalian bilangan yang hasilnya bilangan tiga
angka
III.
Indikator
:
1.1.1
Menjelaskan
arti dari perkalian bilangan.
1.1.2
Mengenal
perkalian bilangan.
1.1.3
Menyelesaikan
perkalian yang hasilnya bilangan dua angka sederhana.
1.1.4
Memahami dan melancarkan
kembali perkalian bilangan dua angka.
IV.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.
Mengenal perkalian
bilangan
2.
Menyelesaikan perkalian
bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
3.
Menghapal
perkalian dari 1 sampai 10
V.
Materi
Ajar
Perkalian
bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
VI.
Metode
Pembelajaran
Pembelajaran Langsung
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
|
Tahap Pembelajaran
|
Rincian Kegiatan
|
Waktu (menit)
|
Pertama
|
Pendahuluan
|
1. Guru
menyampaikan salam
2. Salah
satu siswa mempimpin doa
3. Guru
mengecek kehadiran siswa
4. Guru
mengajak siswa bernyanyi : balonku
5. Setelah selesai bernyanyi guru bertanya “siapakah
disini yang hapal perkalian 1 sampai 10”.
6. Ketika ada anak yang mengacungkan jempol, kemudian
guru memberikan pertanyaan 4 x 6 = … jika siswa bisa menjawab guru mengajak
semua siswa untuk memuji siswa tersebut.
|
5
|
|
Kegiatan
inti
|
1. Guru memberikan soal kepada siswa dan menyuruhnya
mengerjakannya.
2. Setelah siswa selesai mengerjakannya, Siswa
diminta untuk membuat kelompok yang terdiri dari 5 – 6 anak.
3. Guru menjelaskan sedikit tentang perkalian bilangan.
4.
Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru tentang cara mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS).
5.
Masing-masing
kelompok harus berdiskusi dan salah satu perwakilan kelompok maju kedepan
untuk menjawab hasil LKS tersebut.
6. Ketika semua perwakilan kelompok telah maju. Siswa bersama guru
membahas soal yang telah dikerjakan dalam kelompok dengan menggunakan media ORPIN untuk memudahkan
dalam mengerjakan.
7. Setelah
semua soal telah dibahas beberapa siswa diminta untuk membuat kesimpulan
tentang materi yang telah dipelajari bersama.
8. Siswa
mengerjakan soal evaluasi.
|
15
|
|
Penutup
|
1. Siswa
dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
2. Siswa
diberi pekerjaan rumah untuk dikumpulkan dipertemuan yang akan datang.
3. Salah
satu siswa memimpin doa
|
10
|
VIII.
Sumber
dan Media Belajar
·
Buku kelas III
dan Internet
IX.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Perkalian
bilangan yang hasilnya bilangan dua angka
|
Tes tertulis ( Individu)
|
Soal – soal
|
Terlampir
|
Serang,
05 Desember 2015
Mengetahui
|
|
Kepala
Sekolah SDN
Lebak Kepuh 1
H. Syadeli, S.Pd.I
Nip. 19570319 198610 1 001
|
Mahasiswa
Ellin Handayani
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar