Senin, 04 Januari 2016

RPP SIFAT BAHAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SD Negri Ranjeng
Kelas / Semester                    : 5 / 2
Mata Pelajaran                      : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Materi Pokok                         : Sifat Bahan
Alokasi Waktu                       : 1 Pertemuan ( 1 x 10-15 menit)
Waktu                                    : 1 Hari

A.    Standar Kompetensi :
1.      Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunannya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses.

B.     Kompetensi Dasar :
1.      Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, kapas.
2.      Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap.

C.    Indikator :
1.      Memahami tentang sifat bahan dan perubahan sifat benda .
2.      Menjelaskan tentang sifat bahan dan perubahan sifat benda.
3.      Mengidentifikasi perubahan sementara dan permanen benda.
4.      Mengemukakan perubahan benda yang ada disekitarmu.


D.    Tujuan :
1.      Setelah mendengarkan guru menerangkan siswa dapat memahami tentang sifat bahan dan perubahan sifat benda.
2.      Setelah mendengarkan guru menerangkan siswa dapat mnjelaskan tentang sifat bahan dan perubahan sifat benda.
3.      Melalui proses tanya jawab antara guru dengan murid, siswa dapat mengidentifikasi perubahan sementara dan permanen suatu benda.
4.      Setelah mendengarkan guru menerangkan  dan melalui proses tanya jawab anatara guru dengan murid, siswa dapat memahami tentang sifat bahan dan perubahan sifat benda.

E.     Materi :
1.      Tentang sifat bahan dan perubahan benda dari buku ajar (buku paket IPA).
2.      Tentang sifat bahan dan perubahan benda dari Google.

F.     Metode :
-          Metodenya ceramah dan tanya jawab.

G.    Media dan Sumber Belajar
1.      Media : media KARDUL (Karton Jadul) dan Power Point.
2.      Sumber Belajar : Buku IPA kelas V SD dan MI, serta Google.

H.    Langkah Pembelajaran :
1.      Pendahuluan
-          Guru membuka pelajaran dengan menyapa dan menanyakan kabar siswa.
-          Guru meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
-          Guru mengabsen siswa.
-          Guru mengajak siswa bernyanyi : balonku.
-          Setelah selesai bernyanyi guru bertanya “siapa yang tau bahan itu apa ?”.
-          Ketika ada anak yang mengacungkan jempol dan menjawab guru mengajak semua siswa untuk memuji siswa tersebut.
2.      Kegiatan Inti
-          Siswa memperhatikan guru saat menerangkan tentang jenis-jenis bahan dan sifatnya.
-          Siswa memperhatikan guru saat menerangkan tentang perubahan benda.
-          Guru dan siswa melakukan tanya jawab tentang materi perubahan benda.
-          Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan tentang perubahan benda.
-          Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang menjawab.

3.      Penutup
-          Guru menanyakan apakah ada yang kurang jelas atau tidak.
-          Guru memberikan anak pekerjaan rumah.
-          Guru memberitahukan materi minggu depan.
-          Guru meminta salah seorang untuk memimpin doa.

I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Instrumen

1.      Memahami tentang sifat bahan dan perubahan sifat benda

2.      Menjelaskan tentang sifat bahan dan perubahan sifat benda


3.      Mengidentifikasi perubahan sementara dan permanen benda.

4.      Mengemukakan perubahan benda yang ada disekitarmu.


Tes tertulis ( Individu)



Tes tertulis ( Individu)




Tes tertulis ( Individu)



Tes tertulis ( Individu)

-          Apa yang dimaksud dengan sifat bahan ?
-          Apa yang dimaksud dengan perubahan benda ?

-          Sebutkan apa saja sifat-sifat yang terdapat pada bahan ?
-          Sebutkan perubahan benda apa saja yang ada ?


-          Sebutkan perubahan benda sementara ?
-          Sebutkan perubahan benda permanen ?

-          Sebutkan perubahan benda apa saja yang pernah terjadi disekitarmu ?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar