RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD Negri
Ranjeng
Kelas
/ Semester : 5 / 2
Mata
Pelajaran : IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam)
Materi
Pokok : Sifat
Bahan
Alokasi
Waktu : 1 Pertemuan
( 1 x 10-15 menit)
Waktu
: 1
Hari
A.
Standar
Kompetensi :
1. Memahami
hubungan antara sifat bahan dengan penyusunannya dan perubahan sifat benda
sebagai hasil suatu proses.
B.
Kompetensi
Dasar :
1. Mendeskripsikan
hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain,
kapas.
2. Menyimpulkan
hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap.
C.
Indikator
:
1. Memahami
tentang sifat bahan dan perubahan sifat benda .
2. Menjelaskan
tentang sifat bahan dan perubahan sifat benda.
3. Mengidentifikasi
perubahan sementara dan permanen benda.
4. Mengemukakan
perubahan benda yang ada disekitarmu.
D.
Tujuan
:
1. Setelah
mendengarkan guru menerangkan siswa dapat memahami tentang sifat bahan dan
perubahan sifat benda.
2. Setelah
mendengarkan guru menerangkan siswa dapat mnjelaskan tentang sifat bahan dan
perubahan sifat benda.
3. Melalui
proses tanya jawab antara guru dengan murid, siswa dapat mengidentifikasi
perubahan sementara dan permanen suatu benda.
4. Setelah
mendengarkan guru menerangkan dan
melalui proses tanya jawab anatara guru dengan murid, siswa dapat memahami
tentang sifat bahan dan perubahan sifat benda.
E.
Materi
:
1. Tentang
sifat bahan dan perubahan benda dari buku ajar (buku paket IPA).
2. Tentang
sifat bahan dan perubahan benda dari Google.
F.
Metode
:
-
Metodenya ceramah dan tanya jawab.
G.
Media
dan Sumber Belajar
1. Media
: media KARDUL (Karton Jadul) dan Power Point.
2. Sumber
Belajar : Buku IPA kelas V SD dan MI, serta Google.
H.
Langkah
Pembelajaran :
1.
Pendahuluan
-
Guru membuka pelajaran dengan menyapa
dan menanyakan kabar siswa.
-
Guru meminta salah seorang siswa untuk
memimpin doa.
-
Guru mengabsen siswa.
-
Guru mengajak siswa bernyanyi : balonku.
-
Setelah selesai bernyanyi guru bertanya
“siapa yang tau bahan itu apa ?”.
-
Ketika ada anak yang mengacungkan jempol
dan menjawab guru mengajak semua siswa untuk memuji siswa tersebut.
2.
Kegiatan
Inti
-
Siswa memperhatikan guru saat
menerangkan tentang jenis-jenis bahan dan sifatnya.
-
Siswa memperhatikan guru saat
menerangkan tentang perubahan benda.
-
Guru dan siswa melakukan tanya jawab
tentang materi perubahan benda.
-
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk mengemukakan tentang perubahan benda.
-
Guru memberikan apresiasi kepada siswa
yang menjawab.
3.
Penutup
-
Guru menanyakan apakah ada yang kurang
jelas atau tidak.
-
Guru memberikan anak pekerjaan rumah.
-
Guru memberitahukan materi minggu depan.
-
Guru meminta salah seorang untuk
memimpin doa.
I.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen
|
1.
Memahami tentang sifat bahan dan perubahan sifat benda
2.
Menjelaskan tentang sifat bahan dan perubahan sifat benda
3.
Mengidentifikasi perubahan sementara dan permanen benda.
4.
Mengemukakan perubahan benda yang ada disekitarmu.
|
Tes tertulis
( Individu)
Tes tertulis
( Individu)
Tes tertulis
( Individu)
Tes tertulis
( Individu)
|
-
Apa yang dimaksud dengan sifat
bahan ?
-
Apa yang dimaksud dengan
perubahan benda ?
-
Sebutkan apa saja sifat-sifat
yang terdapat pada bahan ?
-
Sebutkan perubahan benda apa saja
yang ada ?
-
Sebutkan perubahan benda
sementara ?
-
Sebutkan perubahan benda permanen
?
-
Sebutkan perubahan benda apa saja yang pernah terjadi disekitarmu
?
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar