Mata Pelajaran Matematika untuk
Sekolah Dasar (SD)/Madrasah
Ibtidaiyah (MI)
A.
Latar
Belakang
Matematika
merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern,
mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir
manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa
ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar,
analisis, teori peluang dan matematika diskrit.
Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan
penguasaan matematika yang kuat sejak dini.
Mata
pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari
sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis,
analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama.
Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan
memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada
keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Standar
kompetensi dan kompetensi dasar matematika dalam dokumen ini disusun sebagai
landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut di atas. Selain
itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam
pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan
simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan
pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup
masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak
tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk meningkatkan
kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah,
membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam
setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan
masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan
masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai
konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah
diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer,
alat peraga, atau media lainnya.
B.
Tujuan
Mata
pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai
berikut.
1. Memahami
konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan
konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam
pemecahan masalah.
2. Menggunakan
penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat
generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika.
3. Memecahkan
masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika,
menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4. Mengomunikasikan
gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas
keadaan atau masalah.
5. Memiliki
sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin
tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan
percaya diri dalam pemecahan masalah.
C.
Ruang
Lingkup
Mata
pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek- aspek sebagai
berikut.
1. Bilangan.
2. Geometri
dan pengukuran.
3. Pengolahan
data.
D.
Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas
III, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
1.
Melakukan operasi hitung bilangan
sampai tiga angka
|
1.1 Menentukan
letak bilangan pada garis bilangan.
1.2 Melakukan
penjumlahan dan pengurangan tiga angka.
1.3 Melakukan
perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga
angka.
1.4 Melakukan
operasi hitung campuran.
1.5 Memecahkan
masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
|
Geometri
dan Pengukuran
2.
Menggunakan pengu- kuran waktu, panjang dan berat dalam
pemecahan masalah.
|
2.1 Memilih
alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam).
2.2 Menggunakan
alat ukur dalam pemecahan masalah.
2.3 Mengenal
hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan
berat.
|
Kelas
III, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Bilangan
3.
Memahami pecahan sederhana dan
penggu- naannya dalam pemecahan masalah.
|
3.1 Mengenal pecahan sederhana.
3.2 Membandingkan
pecahan sederhana.
3.3 Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
|
Geometri
dan Pengukuran
4.
Memahami unsur dan sifat-sifat
bangun datar sederhana.
|
4.1 Mengidentifikasi
berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya.
4.2 Mengidentikasi
berbagai jenis dan besar sudut.
|
5.
Menghitung keliling, luas persegi
dan persegi panjang, serta penggunaannya
dalam pemecahan masalah.
|
5.1 Menghitung
keliling persegi dan persegi panjang.
5.2 Menghitung
luas persegi dan persegi panjang.
5.3 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang.
|
Best King casino - VieCasino.com
BalasHapusKing casino is offering the latest 퍼스트 카지노 players a list of slot titles which include a bonus pack, free vua nhà cái spins and 바카라사이트 a huge progressive jackpot.