Senin, 04 Januari 2016

SK dan KD Matematika kelas III

Mata Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah
Ibtidaiyah (MI)
A.    Latar Belakang
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit.  Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. 
Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerjasama. Kompetensi tersebut diperlukan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif.
Standar kompetensi dan kompetensi dasar matematika dalam dokumen ini disusun sebagai landasan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut di atas. Selain itu dimaksudkan pula untuk mengembangkan kemampuan menggunakan matematika dalam pemecahan masalah dan mengkomunikasikan ide atau gagasan dengan menggunakan simbol, tabel, diagram, dan media lain.
Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika yang mencakup masalah tertutup dengan solusi tunggal, masalah terbuka dengan solusi tidak tunggal, dan masalah dengan berbagai cara penyelesaian. Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah perlu dikembangkan keterampilan memahami masalah, membuat model matematika, menyelesaikan masalah, dan menafsirkan solusinya.
Dalam setiap kesempatan, pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah yang sesuai dengan situasi (contextual problem). Dengan mengajukan masalah kontekstual, peserta didik secara bertahap dibimbing untuk menguasai konsep matematika. Untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran, sekolah diharapkan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer, alat peraga, atau media lainnya.   

B.     Tujuan
Mata pelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
1.      Memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma, secara luwes, akurat, efisien, dan tepat, dalam pemecahan masalah.
2.      Menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan  matematika.
3.      Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh.
4.      Mengomunikasikan gagasan dengan simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
5.      Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

C.    Ruang Lingkup
Mata pelajaran Matematika pada satuan pendidikan SD/MI meliputi aspek- aspek sebagai berikut.
1.      Bilangan.
2.      Geometri dan pengukuran.
3.      Pengolahan data.

D.    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas III,  Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bilangan
1.      Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka 


1.1       Menentukan letak bilangan pada garis bilangan.
1.2       Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka.
1.3       Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka.
1.4       Melakukan operasi hitung campuran.
1.5       Memecahkan masalah perhitungan termasuk yang berkaitan dengan uang.
Geometri dan Pengukuran
2.      Menggunakan  pengu- kuran waktu, panjang dan berat dalam pemecahan masalah. 

2.1     Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam).
2.2     Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah.
2.3     Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat. 

Kelas III, Semester 2 
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Bilangan
3.      Memahami pecahan sederhana dan penggu- naannya dalam pemecahan masalah. 
3.1     Mengenal  pecahan sederhana.
3.2     Membandingkan pecahan sederhana.
3.3     Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
Geometri dan Pengukuran
4.      Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana.   

4.1     Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya.
4.2     Mengidentikasi berbagai jenis dan besar sudut. 
5.      Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya  dalam pemecahan masalah.

5.1     Menghitung keliling persegi dan persegi panjang.
5.2     Menghitung luas persegi dan persegi panjang.
5.3     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang.






1 komentar:

  1. Best King casino - VieCasino.com
    King casino is offering the latest 퍼스트 카지노 players a list of slot titles which include a bonus pack, free vua nhà cái spins and 바카라사이트 a huge progressive jackpot.

    BalasHapus